OKI Akan Membantu Bangladesh Dalam Penanganan Masalah Rohingya

0

JEDDAH (gemaislam) – Delegasi enam anggota Bangladesh yang dipimpin oleh Menteri Pengiriman Bangladesh Shajahan Khan, M.P., bertemu dengan Sekretaris Jenderal Organisasi Kerjasama Islam (OKI), Dr. Yousef A. Al-Othaimeen, Senin (30/10).

Menteri Khan juga didampingi oleh Shahriar Alam, Menteri Negara Urusan Luar Negeri.

Delegasi tersebut memberi penjelasan kepada sekretaris jenderal dan pejabat tinggi lainnya dari sekretariat OKI mengenai posisi terakhir Bangladesh mengenai krisis Rohingya dan ribuan pengungsi yang berlindung di Bangladesh.

Delegasi tersebut menghargai peran masyarakat internasional terhadap isu Rohingya dan berfokus pada solusi lima poin yang diajukan oleh Perdana Menteri Sheikh Hasina yang ditempatkan di Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Delegasi tersebut menilai jenderal sekretaris pada kunjungan seorang menteri senior baru-baru ini dari Myanmar ke Bangladesh dan kunjungan menteri dalam negeri Bangladesh ke Myanmar.

Delegasi tersebut mengatakan sejak Agustus tahun ini, 6.220 orang pengungsi Birma telah berlindung di Bangladesh sesuai statistik IOM dan jumlah sekarang mencapai lebih dari satu juta pengungsi termasuk 3,00,000 yang tidak terdaftar.

Sebagai tanggapan, Dr. Al-Othaimeen mengatakan tim pencari fakta kelompok OKI akan mengunjungi Cox’s Bazar minggu ini. Dia juga meyakinkan bahwa OKI akan selalu bersama Bangladesh dalam masalah Rohingya.

Menteri Khan meminta dukungan dari negara-negara anggota OKI untuk pencalonan Bangladesh dalam pemilihan Kategori-B IMO yang akan diadakan di London pada minggu pertama bulan November.

Sekjen memastikan dukungan OKI dalam semua pemilihan internasional bahwa Bangladesh akan berpartisipasi. OKI akan meminta semua negara anggota untuk memberikan dukungan kepada Bangladesh, seperti dikatakan Dr. Al-Othaimeen. (MCA-iz)

 

 

 

sumber ; SG

- Advertisement -

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY