PemerintahTurki Mulai Proses Pemberian Kewarganegaraan Untuk Para Pengungsi Suriah

0

ANKARA (gemaislam) – Pemerintah Turki sedang dalam proses pemberian kewarganegaraan bagi warga Suriah yang tengah mengungsi di Turki. Adapun kewarganegaraan akan diberikan bagi para pengungsi yang tidak pernah terlibat dan terkait dalam kegiatan terorisme, serta dinilai mampu memberikan sumbangsih untuk negara.

Pernyataan ini disampaikan oleh Wakil Perdana Menteri Numan Kurtulmus, pada konferensi pers pasca pertemuan kabinet di Ankara, Senin (11/7/2016).

“Kementerian Dalam Negeri kami belum sepenuhnya menyelesaikan pekerjaan berkaitan pemberian kewarganegaraan kepada pengungsi Suriah. Pelayanan kami akan mengerjakan hal tersebut secara rinci,” kata Kurtulmus.

Kurtulmus mengatakan proses sedang berlangsung untuk membuka jalan bagi pemberian kewarganegaraanTurki untuk pengungsi Suriah yang “dapat memberikan sumbangsih untuk Turki, yang tidak pernah terlibat dalam terorisme, dan yang dapat menciptakan sebuah jembatan antaraTurki dan Suriah.”

Sebelumnya PresidenTurki RecepTayyip Erdogan mengatakan awal bulan ini bahwa jutaan warga Suriah yang tinggal di Turki akan memiliki kesempatan untuk menjadi warga negara di tempat yang telah memberi mereka tempat berlindung.

Sekitar 2,7juta wargaSuriah, yang melarikan diri dari keisis di negaramereka, saat ini berlindung di kamp-kamp di Turki.

Konflik di Suriah kini telah mendorong lebih dari 4 juta orang – seperenam dari penduduk Negara itu – untuk mencari perlindungan di negara-negara tetangga. Jumlah itu menjadi yang terbesar untuk krisis pengungsi terbesar dalam seperempat abad seperti yang disampaikan PBB. (jb/arc)

- Advertisement -

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY