Thursday July 24, 2014
07
Mar

Awas!!! Di'intip' Jin


Written by Admin Gema
Category: akhlak
Hits: 781

Salah satu kelebihan bangsa jin adalah mereka bisa melihat manusia sedangkan manusia tidak bisa melihat mereka, sebagaimana yang Allah tegaskan dalam Al-Qur'an :

يَا بَنِيْ آدَمَ لَا يَفْتِنَنَّكُمُ الشَّيْطَانُ كَمَا أَخْرَجَ أَبَوَيْكُمْ مِنَ الْجَنَّةِ يَنْزِعُ عَنْهُمَا لِبَاسَهُمَا لِيُرِيَهُمَا سَوْءَاتِهِمَا إِنَّهُ يَرَاكُمْ هُوَ وَقَبِيْلُهُ مِنْ حَيْثُ لَا تَرَوْنَهُمْ
"Hai anak Adam, janganlah sekali-kali kamu dapat ditipu oleh syaitan sebagaimana ia telah mengeluarkan kedua ibu bapamu dari surga, ia menanggalkan dari keduanya pakaiannya untuk memperlihatkan kepada keduanya 'auratnya. Sesungguhnya ia dan pengikut-pengikutnya melihat kamu dan suatu tempat yang kamu tidak bisa melihat mereka." [QS Al-A'raf : 27].

Lalu bagaimana ketika kita melepas pakaian? Tentu saja mereka bisa melihat aurat kita, untuk mereka yang suka mengumbar aurat mungkin tidak terlalu bermasalah, karena aurat mereka murah sekali bisa dinikmati siapa saja. Tetapi bagi yang masih mempunyai rasa malu dan harga diri serta ingin menjaga iffahnya tentu ini masalah besar, karena jin juga termasuk makhluk yang dibebani syariat seperti manusia.

Namun agama islam adalah syariat yang sempurna karena berasal dari pencipta jin dan manusia yang memberi mereka masing-masing kelebihan. Dan juga berkat kasih sayang Nabi Muhammad kepada umatnya sehingga beliu member petunjuk agar jin tidak bisa melihat aurat kita ketika melepas pakaian sehingga kita tidak khawatir terhadap bahaya jin di sekitar kita, yaitu dengan membaca "basmalah" sebelum melepas pakaian.

Dari Abu Sa'id Al-Khudri, Rasulullah shalallahu 'alaihi wa salam bersabda :

ستْرُ مَا بَيْنَ أَعْيُنِ الْجِنِّ وَبَيْنَ عَوْرَاتِ بَنِيْ آدَمَ، إِذَا خَلَعَ الرَّجُلُ ثَوْبَهُ أَنْ يَقُوْلَ بِسْمِ اللهِ
"Tabir antara pandangan jin dan aurat bani adam adalah jika seseorang melepas pakaiannya lalu dia membaca basmalah" [HR Ibnu Adi, At-Thabrani dalam Mu'jam Al-Ausath-Al Mathalib Al Aliyah, dan Ibnu Hajar no.37].

Begitu pula ketika memasuki WC disunnahkan membaca basmalah dan berlindung dari setan laki-laki maupun perempuan.

ستْرُ مَا بَيْنَ أَعْيُنِ الْجِنِّ وَبَيْنَ عَوْرَاتِ بَنِيْ آدَمَ، إِذَا دخل أحدهم الخلاء أَنْ يَقُوْلَ بِسْمِ اللهِ
"Tabir antara pandangan jin dan aurat bani adam adalah jika seseorang dari mereka masuk kakus hendaknya membaca basmalah" [HR Turmudzi 606, dan dishahihkan Al-Albani].

Imam nawawi mengatakan : "Para ulama madzhab kami (Syafi'iyah) mengatakan : "Dianjurkan membaca basmalah ketika buang air di dalam bangunan maupun di luar rumah, mereka juga menjelaskan dianjurkan membaca basmalah dahulu baru kemudian membaca :

اللهم إني إعوذ بك من الخبث والخبائث
"Ya Allah aku berlindung kepada-Mu dari keburukan jin laki-laki dan jin perempuan". [Al-Adzkar].

Allahu a'lam. (ib)

comments

Add comment

Berita Nasional

article thumbnail

JAKARTA (gemaislam) – Bantuan kaum muslimin Indonesia yang disalurkan melaui radio dan Tv Rodja telah disampaikan kepada warga Gaza. Pada Selasa (22/7/2014) perwakilan relawan radio dan tv Rodja di [ ... ]

More inindonesia news  
comments